Senin, 29 April 2013

Tahun Baru di Jepang?

Ilustrasi
Tahun baru? Bukankah sudah lewat? Kok dibahas sekarang?. Baiklah mungkin pembahasan mengenai tahun baru di jepang agak kurang tepat sesinya, Tapi, tentu saja ini masih merupakan pembahasan yang menarik bagi kalian yang suka mengamati kultur budaya di jepang. Pada bahasan kali ini saya menekankan pada “apa” bukan “bagaimana”, pembahasan secara umum dan tidak  terlalu mendetail. Hal ini masih berkaitan dengan budaya sosial.

Tahun Baru: お正月- Oshougatsu


Oshougatsu, pada dasarnya adalah hari keluarga di Jepang. Kereta dan alat tranpostasi lainnya di “SET” khusus pada malam tahun baru karena myoritas orang akan pulang ke kampung halaman mereka. Banyak orang memakan mie soba untuk makan malam. Soba melambangkan umur panjang dan keberuntungan untuk tahun baru. Tidak seperti di barat, kebanyakan orang jepang  tinggal di rumah dengan keluarga mereka di tahun baru. Banyak dari mereka akan menonton program televisi khusus saat makan dan minum-minum bersama-sama.

Persiapan Tahun Baru: 年賀状 (Nengajou)


Nengajou atau kartu tahun baru seperti halnya di Negara lain, kartu tahun baru juga menjadi bagian yang penting dari perayaan tahun baru di jepang. Walaupun penggunaan nengajaou sudah sangat berkurang seiring dengan perkembangan teknologi dua dekade terakhir. Orang- rang jepang biasanya masih menggunakan kartu itu yang kemudian di kirimkan ke kerabat, teman, atau rekan kerja. Kebanyakan anak muda di jepang  akan mengirim sekitar 20-30 kartu dan orang dewasa mengirim sekitar 50-100, pada dasarnya mereka mengirimnya untuk orang yang mereka kenal saja.

Malam Tahun Baru: 大晦日- Oomisoka


Hari pertama tahun ini adalah sebuah perayaan. Untuk itu malam tahun baru sangat penting! Keluarga akan bangun dan menyiapkan Osechi (makanan tahun baru). Osechi terdiri dari berbagai macam makanan kecil. Beberapa hidangan ini biasanya ditemukan di bento dan banyak dari mereka hanya dimakan pada tahun baru. Secara tradisional, masing-masing makanan ini memiliki arti simbolis meskipun maknanya bagi beberapa orang telah hilang. Beberapa keluarga memilih untuk memasak makanan ini sendiri dan yang lain akan membeli set mahal dari department store.

Perayaan Tahun Baru: 初詣- Hatsumoude


Hatsumoude atau kunjungan ke kuil di awal tahun. Meskipun makna religius tradisi ini telah memudar di kalangan sebagian besar orang Jepang. Tetapi mereka masih melakukan tradisi ini. Kebanyakan warga jepang mengunjungi kuil 3 hari pertama tahun baru, banyak juga yang melakukannya setelah tengah malam. Hal yang biasa di lakukan di kuil adalah berdiri di barisan panjang, berdoa dengan cepat dan melemparkan beberapa koin dalam untuk sumbangan ke kuil.

Ditulis Oleh Rafi Sidqi

CMIIW

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/%C5%8Cmisoka
http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_baru_Jepang
http://en.wikipedia.org/wiki/Japanese_New_Year
http://en.wikipedia.org/wiki/Hatsum%C5%8Dde
 

0 komentar:

Posting Komentar