Selasa, 30 April 2013

Kebiasaan Membungkuk di Jepang

bowing habbits
Ilustrasi
Pada pembahasan kali ini sepertinya sangat tidak asing bagi kita dan mungkin menjadi yang paling menarik. Pasalnya, kebiasaan membungkuk bagi orang jepang memang sangat familiar. Kebanyakan dari kita hanya mengetahui membungkuk saja dan tidak tau cara dan apa kegunaan membungkuk yang sebenarnya. Perlu digaris bawahi bahwa pada kesempatan ini saya tidak akan membahas tentang definisi tetapi membahas tentang membungkuk dalam sosialitas dan bagaimana cara yang benar. 

Membungkuk di dalam Kehidupan Sosial


Jika anda mengunjungi jepang maka sangat penting untuk mempelajari cara membungkuk karena itu akan sangat membantu. Orang-orang jepang saling menyapa dengan membungkuk dan sangat jarang dengan berjabat tangan. Tapi, pengecualian dapat diberikan kepada orang asing. Perlu diketahui bahwa sangat tidak sopan jika seseorang membungkuk di depan anda lantas anda tidak ikut membungkuk.


Membungkuk di jepang memiliki banyak fungsi. Membungkuk dapat menunjukkan perasaan hormat, menyesal, berterima kasih, dan lain-lain. Sebagai contoh anda dapat membungkuk jika hendak mengatakan “terima kasih”, “maaf”, “halo”, “selamat tinggal”, “selamat datang”, “ permisi”,  “selamat pagi”, dan lain-lain.


Membungkuk memang terlihat simple, tetapi ada cara yang berbeda.  Seberapa rendah anda membungkuk itu tergantung dari stats dan umur. Sebaiknya anda membungkuk lebih rendah kepada orang yang statusnya lebih tinggi (mis: pejabat, kaisar, dll) dan lebih tua dari anda.

Membungkuk yang Benar


Banyak orang non jepang yang mencoba kebiasaan membungkuk ini. Tetapi, tanpa mereka sadari cara yang mereka lakukan itu salah. Pertama, perbedaan mengenai cara membungkuk laki-laki dan perempuan.

Pada laki-laki membungkuk dilakukan dengan cara berdiri dengan posisi siap dan letakan tangan anda pada sisi tubuh anda dan membungkuk lah beberapa derajat. 
membungkung ala jepang
Sedangkan pada perempuan membungkuk dilakukan dengan cara  satukan tangan anda di depan tubuh anda lalu membungkuklah.
 membungkuk pada wanita

Kedua, mengenai berapa derajat seharusnya saya membungkuk?  Membungkuk hampir 150 dilakukan untuk menyatakan salam, Hampir 300 dilakukan untuk berterima kasih. Hampir 450 untuk mengenyatakan maaf dan penyesalan mendalam, dan hampir 900 dilakukan sebagai penghormatan kepada Kami-Sama (baca: dewa), kaisar dan rasa penyesalan yang luar biasa.

Ditulis Oleh Rafi Sidqi

0 komentar:

Posting Komentar