Selasa, 30 April 2013

Kanji Tidak Seburuk Itu

Setiap orang yang telah memutuskan untuk mempelajari bahasa jepang seringkali merasa takut jika harus dihadapkan dengan karakter huruf yang disebut kanji. Masing-masing karakter ini mewakili sebuah makna. Tapi, pada pandangan pertama kebanyakan dari karakter ini terliha seperti sebuah coretan aneh. Bahkan, ada yang mengatakan “fasih, berarti menguasai 2000 kanji”. Selain itu, banyak dari huruf kanji yang memiliki pengucapan yang berbeda. Kok malah bikin makin takut yah?. Nah , dalam bahasan kali ini, saya akan mengungkapkan 4 alasan mengapa kanji harus di “rangkul” dan bukan ditakuti.

Bahkan orang jepang lupa kanji

Saya pernah mengoreksi orang jepang tentang cara penulisan kanji, bahkan sebelum saya bisa berbahasa jepang.  Untuk kata sederhana pun seperti kafe (吃茶 ) dapat berisi karakter yang jarang muncu di dalam kata lain (mis: ). Membuat kesalahan dalam penulisan kanji memang tidak biasa bagi orang jepang, terutama di era digital seperti saat ini. Sangat penting untuk menyadari bahkan bahasa asli Anda pun tidak sempurna. Bahasa sangat kompleks dan bervariasi dari setiap orang.

Penguasaan 2.136 kanji, itu subjektif

2.136 adalah jumlah resmi dari kanji yang harus dikuasai agar dapat dikatakan fasih dan lancar. Tetapi, hal ini akan jauh lebih kompleks. Tentu saja Anda akan memerlukan 2.136 kanji dan beberapa tambahan untuk 100% memahami sebuah laporan ilmiah. Sesuai yang saya saran kan di atas, bebrapa banyak orang (baca: orang jepang) yang memahami semua kata yang diontarkan kepadanya? Jikan Anda mempelajari bahasa jepang sangat penting menyadari bahwa ketika Anda mempelajari beberaa ratus kanji maka Anda sudah bisa membaca novel jepang dan manga tanpa romaji.

Kanji kompleks yang disederhanakan

Karakter kanji yang paing rumit sekalipun sering kali hanya campuran beberapa karakter sederhana. Bagian-bagian itu disebut radikal dan bagian ini sering kali memberikan petunjuk tentang arti dan pengucapan sebuah kanji. Jika Anda mengembangkan pemahaman dasar ini, kanji yang rumit akan terlihat jauh lebih sederhana.

Kanji bertindak seperti akar dari kata

Mempelajari bahasa latin dan yunani akan memberujan pemahaman yang lebih baik dari bahasa inggris. Kanji bekerja dengan cara yang sama, sekali Anda menguasai 1000 kanji dan mulai menuju ke 2000. Anda sudah dapat menebak karakter yang digunakan dalam sebuah kata yang tidak pernah Anda dengar dan Anda akan lebih mudah memahami arti setiap kata. Selain itu, Anda dapat memahami arti dan pengucapan kata yang tertulis.

Ditulis Oleh  Zachary Lebowitz
Diterjemahkan dan Disempurnakan Oleh Rafi Sidqi

0 komentar:

Posting Komentar